Wednesday, November 18, 2009

Gambaran Kekuatan Musuh.

Sebelum Penugasan di timor-timur, dinformasikan dari satuan atas bahwa lawan yang akan dihadapi kurang lebih 12 kompi, terdiri dari kekuatan nyata yang pada waktu itu disebut dengan TROPAS,selain itu terdapat kekuatan militan seperti Segudhalima dan Milisi.Persenjataan yang mereka gunakan bermacam-macam.Senjata utama adalah G-3 dan G-4,senjata jenis lain adalah LE, MOUSER.Mereka juga menggunakan TNT untuk menghancurkan Tank dan Jembatan.

Aku tak habis pikir, dari mana mereka mendapatkan senjata dan pasokan amunisi.Sudah berapa peluru yang mereka tembuskan ke prajurit-prajurit pembela bangsa.

Pola perlawan yang mereka lakukan adalah pola perang konfensional, yaitu dengan pola penghambatan secara sistematik.Musuh menyerang dalam kelompok kecil-kecil dan menjadikan rakyat sebagai sasaran perebutan.Selain itu karena musuh menguasai medan maka pertahanan yang dilakukan musuh adalah menyebar berlapis dan tanpa peta.

Kami beruntung sebelum diberangkatkan diberikan bekal materi taktik dan gambaran musuh.Dengan atau tanpa latihan pun mereka dirasa cukup berbahaya, jadi apa yang aku lakukan ini bukan hanya sekedar penugasan, tetapi maju untuk siap perang.

0 comments:

Post a Comment